MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

25 Februari 2009

Perbedaan Model, Metode, Strategi, Teknik dan Pendekatan Pembelajaran


Dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kita tentu harus menentukan Model dan Metode Pembelajaran. Antara Model dan Metode Pembelajaran haruslah relevan. Kedua komponen ini terkadang menimbulkan kerancuan, yang bagaimana metode dan bagaimana pula model pembelajaran. Belum lagi jika dihadapkan dengan istilah Strategi, Teknik ataupun Pendekatan Pembelajaran. Uraian berikut ini mungkin dapat membantu kita untuk lebih spesifik dalam mengidentifikasi makna istilah-istilah tersebut.
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Pendekatan adalah konsep dasar yang mewadahi,menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah- langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran.
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.
Dari metode, teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas saat pembelajaran berlangsung.
Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat berganti- ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran.
Bungkus dari penerapan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran tersebut dinamakan model pembelajaran.
Sebagai ilustrasi, ketika film Jablai tayang di layar lebar banyak remaja putri menggunakan model celana Jablai, yang terinspirasi dari lagu dangdut dan film tersebut. Sebagai sebuah model, celana jablai berbeda dengan celana model lain meskipun dibuat berdasarkan pendekatan, metode, dan teknik yang sama. Perbedaan tersebut terletak pada sajian, bentuk, warna, dan disainnya. Kembali ke pembelajaran, guru dapat berkreasi dengan berbagai model pembelajaran yang khas secara menarik, menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa. Model guru tersebut dapat pula berbeda dengan model guru di sekolah lain meskipun dalam persepsi pendekatan dan metode yang sama.
Oleh karena itu, guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi yang di dalamnya terdapat pendekatan, model, dan teknik secara spesifik. Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya aspek yang juga paling penting dalam keberhasilan pembelajaran adalah penguasaan model pembelajaran.
Nah kawan, gimana ? Masih bingungkah ? Pelan-pelan aja kita mempelajarinya. Saya juga masih belajar lo. Ini tadi kebetulan kepergok blognya Pak Wijaya Kusuma di www.wijayalabs.wordpress.com. Dan beliau sendiri juga ngutip dari www.klub.guru. Ya..gicu dech kronologis sharingnya. He he he…

1 komentar:

  1. mengenai model, bagaiman cara penerapan model pembelajaran problem based learning??

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!