MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

23 Desember 2009

Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif



Nama Buku : Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.
Penulis : Trianto, M.Pd
Cetakan Pertama : Agustus 2009
Penerbit : Kencana Predana Media Group
Jumlah halaman : 371 halaman

Perubahan paradigma dunia pendidikan menuntut guru selaku agen pembelajaran untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Melepaskan diri dari teacher center menuju student center. Bukan pekerjaan yang mudah memang, tetapi bukan pula hal yang mustahil untuk diaplikasikan. Selagi semangat belajar tidak pernah padam.

Buku yang satu ini, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dapat menjadi teman yang baik buat para pendidik yang mencintai perubahan.

Hal-hal menarik yang dibahas dalam buku ini antara lain:

1. Pemikiran Belajar Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
2. Model Pembelajaran dan Teori Belajar Yang Mendukungnya.
3. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
4. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
5. Pengajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction)
6. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
7. Pembelajaran Model Diskusi Kelas.
8. 8 Strategi-strategi Belajar (Learning Strategies)
9. 9 Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif Progresif.
10. 10 Penyusunan Perangkat dan Instrumen Pembelajaran Inovatif-Progresif.
11. Implikasi Model Pembelajaran Inovatif Progresif.
12. Assessment dan Sistem Penilaian Porto Folio Model Pembelajaran Inovatif Progressif

Dalam buku ini kita juga belajar bagaimana mendesain model pembelajaran inovatif dan progresif dalam suatu proses pembelajaran. Juga menguraikan secara jelas bagaimanakah model pembelajaran yang inovatif, progresif dan konstruktif dari kerangka konseptual (teoritis) hingga kontekstual (praktis). Sehingga dapat memandu kita sekaligus mengaplikasikan dalam proses pembelajaran.

Buku ini sangat sesuai untuk guru yang sedang melanjutkan studi di S1, S2 maupun S3 selagi masih berorientasi pada dunia pendidikan.
Kepada sahabat blogger Jayadi Gusti dan Asep Bogor, semua pertanyaan anda pada artikel saya yang berjudul Cooperative Learning, Insya Allah akan terjawab setelah membaca buku ini. He he he…. Terimakasih untuk semua respond-nya teman.

4 komentar:

  1. buku yang wajib dimiliki buat para pendidik,,

    ada award nih mba,,

    BalasHapus
  2. semangat n maju terus pendidikan indonesia...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Kalau boleh nanya, apabila saya ingin mendapatkan buku ini, dimana ya?terima kasih

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!