MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

3 April 2010

Dari Seorang Guru tentang Hati Guru



Gayus Tambunan tiba-tiba saja namanya terdengar di seantero nusantara. Pagi siang malam pemberitaan tentang dirinya bagaikan air bah yang jebol dari tanggul. Gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga. Gara-gara ulah Gayus Tambunan rusaklah citra petugas dinas perpajakan negri ini. Sehingga muncul Facebooker boikot bayar pajak, juga muncul Facebooker yang membersihkan nama dinas perpajakan. Ini suatu bukti bahwa dalam hidup ini segala sesuatu memiliki dua sisi. Sisi terang dan sisi gelap. Tinggal bagaimana kita mampu menempatkan diri di sisi mana kita seharusnya berpijak. Melawan arus memang sulit, jika tidak mampu melawannya, minimal…bertahanlah…agar tidak terbawa arus.

Begitu juga dengan profesi guru. Tidak dapat kita pungkiri, melalui media massa sering kita jumpai kinerja guru yang tidak patut di gugu dan ditiru. Bahkan cenderung berprilaku yang aneh-aneh. Tak ubahnya seperti orang stress ataupun sakit jiwa. Tetapi alangkah naifnya jika kita anggap semua guru begitu. Berikut saya share sebuah tulisan jeritan hati nurani seorang guru yang diungkapkannya pada note Facebook-nya. Saya share di sini karena saya tau, masih banyak guru yang seperti beliau. Seperti Ibu Faradina Izdhihary, demikian namanya. Untuk share tulisan ini, saya sudah mendapat izin dari beliau.

Demikian isi note Ibu Faradina Izdhihary…!!

=====================================================================================
SURAT TERBUKA BUAT PRINGADI, PARA MURID, DAN WALI MURID

Dari Seorang Guru tentang Hati Guru

: di notes ISU GAJI PNS NAIK > 100 % Pringadi mengomentari kalau gaji BPK layak besar sebab mereka datang jam 8, pulang jam 5 sore, telat gaji dipotong, sedang guru kalau malas ngajar ngasih tugas muridnya buat ngerangkum.

Mewakili para guru, Pring..... aku menolak, aku tidak terima, sebagai guru rasanya kehormatan kami tertampar. Apalagi kamu menjadi seperti sekarang tak pernah dan tak akan bisa tanpa jasa guru.

Adalah pendapat umum, bahwa pekerjaan guru itu ringan, saat libur sekolah, guru juga libur panjang. Sudahkah Anda melihat dari dekat bagaimana seorang guru yang benar-benar guru menghabiskan berjam-jam waktunya untuk menyiapkan materi pembelajaran, tugas untuk siswa, mengoreksi pekerjaan siswa, dan kemudian menyiapkan perbaikan untuk siswanya. Pekerjaan kami yang itu, tak pernah kami catatakan sebagai lembur yang layak dihargai dengan uang lembur. Apakah ada pekerjaan lain yang dalam pekerjaannya dipenuhi dengan doa-doa untuk orang yang dilayaninya, air mata keprihatinan, rasa cinta kasih yang kuat, dan hubungan silaturrahmi yang tak putus, selain pekerjaan guru? Barangkali ada yang menyisakan jasa tak terputus semisal dokter.

Adalah sangat menyakitkan menggebyah ubyah, menyamakan semua guru dengan knerja yang ditulis oleh Pringadi. Berapa persen jumlah guru yang demikian? Pring... aku yakin, andai pada guru juga diterapkan sistem penggajian yang sangat manusiawi, dan menghargai tingginya nilai ilmu (bandingkan dengan di Singapura, gaji guru tertinggi, jauh lebih tinggi dari bankir atau lawyer sampai masa kerja 12 tahun), maka penerapan punishment yang ketat saya yakin juga akan diikuti kinerja yang tinggi.

Pring... Sayang, pernah kamu tanya berapa gaji guru SD-mu dulu? Pernah kamu tanya, cukupkah mereka hdup layak dan membiayai putra-putri mereka hingga perguruan tinggi? Kita coba hitung-hitungan matematika ya. Kamu kan dulu pernah masuk jurusan Matematika ITB meski cuma setahun, pernah menjuarai olimpiade Matematika (aku berani bersumpah, di situ peran gurumu takkan bisa kau hapus hingga kiamat sekali pun).

Ambil contoh gaji tertingg guru SD mu golongan III -c, sebab banyak guru SD dulu menjadi PNS dgn ijasah SPG. Gajinya kira-kira kalau sekarang ya 2.600.000 gitu ya. Anak dua. Sekolah semua. Anggap biaya kedua anaknya sebulan paling banter 700 ribu (termasuk uang transpot, penggandaan tugas, dsb). Biaya hidup untuk konsumsi sehari-hari per bulan kira-kira 10.000 X 4 orang X 30 hari = 1.200.000. bberart sudah berkurang 1.900.000. Ini belum kehitung bayar listrik, telpon, transport ke sekolah yang kira-kira sebulan mnimal 500.000. Jadi sudah kepotong 2.400.000. Tinggal berapa, Pring? Rp 300.000. Sementara kami mungkin harus membayyar cicilan rumah, sepeda motor bukan untuk bermewah-mewah tetapi benar-benar karena kami membutuhkan.

Jangan salahkan kami, bila di antara kami banyak yang berpikir banyak bagaimana harus menambah penghasilan di luar mengajar? Ini kami yang PNS, bagaimana dengan yang non-PNS. Aapakah kami layak digaji jauh lebih rendah dibandingkan PNS lain hanya karena anggapan kami bekerja seenak sendiri, kinerkja kami rendah, gak berkualitas, atau karena jumlah kami terlalu banyak? Atau karena tanggung jawab kami tak mengandung resiko besar seperti jaksa, polisi, atau bagian perpajakan? Atau karena pekerjaan kami bukan pekerjaan produktif yang menghasilkan keuntungan seperti pertambangan atau perum/BUMN lain?

Sakit sekali rasanya. Bukan... bukan maksud kami menuntut gaji besar, Pring. Andai kamu, pembaca semua, para murid, para orang tua wali murid tahu, betapa kami mengajar dilandasi perasaan cinta yang berlimpah-limpah, disertai doa dan harapan yang bermekaran meski kadang dilipiuti kecemasan atas keberhasilan anak-anak didik kami, Kalian akan mengerti bahwa KEBERHASILAN murid-murid kami adalah BAYARAN TERTINGGI yang tak ternilai bagi kami. Kami cukup bahagia, kami akan bersyukur ribuan kali bila melihat atau mendengar nama murid kami disebut orang, berhasil menjadi sukses dan menjadi orang baik. Demi Allah, saya menangis menuliskan bagian ini.

Jangan salhakan kami semata dengan tuduhan kami tak memiliki kinerja tinggi. Bila pun ada keraguan atas kompetensi kami, seharusnya pemerintah dan masyarakat ikut bertanggung jawab untuk membantu kami meningkatkannya hingga kami mampu memberikan pelayanan terbaik pada para murid. Menjadi ujung tombak dalam menyiapkan generasi muda, penerus perjuangan bangsa yang berkualitas.

Pernahkah Anda berpikir bahwa kami masih terus dan terus butuh untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengajar kami. Di luar sana, kemajuan teknologi, informasi, melesat-lesat, sedang kami hanya berkutat pada buku-buku paket seadanya. Saat suami saya bertugas di Kalimantan Tengah untuk melakukan verifikasi SD yang mengajukan anggaran pembangunan gedung baru atau pembangunan SATAP(SD smp satu atap), saya menangis mendengar ceritanya, saya tersedu melihat foto-fotonya. Teman-teman guru kami mempunyai tanggung jawab moral sangat besar untuk menyiapkan generasi penerus bangsa, dalam kondisi sangat memprihatinkan, serba kekurangan. Tetapi keikhlasan teman-teman kami itu luar biasa. Banyak yang sudah IV-a ke atas, hampir pensiun, belum mendapat jatah sertfikasi.

(maaf saya terpaksa menangis lagi. Ya Robb, berilah balasan terbaik atas keikhlasan teman-teman guru mengajar di daerah terpencil itu dengan pwrhitungan- Mu yang jauh lebih adil)

Nah... bagaimana mungkin kami mampu meningkatkan kompetensi, misal kuliah lagi, melakukan penelitian, bila dana tak ada. Waktu mungkin bisa ditata, tetapi bila pada saat yang sama kami masih harus memikirkan perekonomian keluarga kami, apakah kami sanggup?

Pring... dan Pembaca yang budiman, sungguh maafkan. Banyak rumor yang beredar bahwa orang yang memilih profesi guru adalah masyarakat kelas dua, yang kemampuan nya kalah jauh dengan mereka yang memilih profesi lain seperti dokter, akuntan, peneliti, teknokrat, dan sebagainya. Lebih tegasnya, yang masuk PTK (perguruan tinggi keguruan) itu anak-anak yang kurang pandai. Mungkin benar. Tapi tak seluruhnya. Masih banyak juga yang memilih jadi guru karena panggilan nurani. Mengapa? Sebab gaju guru tak segede gaji profesional lainnya. Menyedihkan sekali.

Bila saja, profesi guru dihargai seperti di Singapura atau Malaysia atau negara lain, maka anak-anak pandai, high quality akan berbondong-bondong masuk PTK, dan kelak akan muncul guru-guru yang hebat. Tapi beranikah dan mampukah pemerintah mengambil kebijakan ini? Saat kuliah di NTU Singapura (berkat beasiswa PMPTK dan BPKLN, terima kasih untuk kedua lembaga tersebut), saya mendengar, bahkan berbincang-bncang langsung dengan beberapa bankir dan lawyer yang memilih pindah profesi jadi guru. Disini mana ada, yang ada malah sebaliknya sebab gaji guru ya demikianlah adanya.

sungguh, sekali lagi, tulisan ini tak hendak dan tak ingin memberontak apalagi menuntut gaji kami para guru, dinaikkan sejajar dengan gaji PNS di perpajakan atau kejaksaan. Alhamdulillah kami lebih terjaga dan aman dari godaan korupsi karena memang tak ada yang bisa kami korupsi. Kalaupun ada itu adalah waktu. Bahkan untuk menjual LKS yang sangat dibutuhkan oleh siswa, seringkali kami dapat protes dari orang tua. Padahal LKS 1 buku maksimal 10.000, masa pembayaran satu semester 6 bulan, kami biasanya harus melunasi dulu di awal. Berapa sih keuntungan kami bila dibandingkan dengan kewahjiban kami melunasinya, belum terhitung siswa yang tidak membayar dengan berbagai alasan. Tak jarang kami berikan buku itu cuma-cuma.

Pringadi, Sayang....aku jadi ingat gurauanku dengan beberapa teman saat hari guru, sambil mentertawakan nasib Oemar Bakri, kami meringis mendengar hymne guru. Pantas nasib guru melas, wong hymnenya saja melas. Maka sambil bergurau, kami berseloroh, ganti ya hymnenya , "Guru juga manusia....." dengan gaya ngerok gitu deh.

Penutup tulisan ini, selalu ingatlah salah satu kunci keberhasilan menuntut ilmu yang diajarkan oleh guru TK-mu, "Hormati gurumu, sayangi teman.....,"

Untuk rekan guru, saya percaya sepenuhnya, seperti juga saya menjalankan tugas keguruan saya, menjadi guru adalah pilihan, panggilan hati. Insya Allah gaji yang kita terima itu berkah, dan Allah akan mencukupkan. Bukankah kita seringkali masih harus sangat bersyukur meskipun juga sambil menangis bila membandingkan nasib kita dengan teman-teman guru non-PNS?

Namun, bila saya tulis sebuah kesaksian, teman SMA saya bapak dan ibunya adalah guru SD, keduanya PNS. Namun ketiga anaknya hanya berpendidikan sampai SMA sebab tak cukup biaya untuk menguliahkan. Mereka butuh kredit rumah dan sepeda motor. Adakah yang mau merenungkan betapa kami para guru bekerja sepenuh kemampuan pikiran dan tenaga, juga doa-doa dan cinta untuk para murid (anak orang lain), namun di sisi lain kami harus meringis sebab anak-anak kami tak mampu mengenyam pendidikan tinggi seperti yang kami ajarkan pada murid-murid kami????

Addition, bukan rahasia bila di antara kami mampu menguliahkan anak-anak kami, karena kami menyekolahkan SK kami ke BRI, BNI, atau Mandiri? hehehe coba siapa yang tidak melakukannya? Angkat tangan teman-teman. ..?

=====================================================================================


Nah teman, jika guru yang PNS saja seperti itu perjuangannya, jangan tanya lagi bagaimana yang non PNS. Ingat lo, terkadang ada guru non PNS yang kinerja kerjanya lebih baik dari yang PNS. Walaupun budget-nya seper sekian dari yang PNS mereka tetap loyal bekerja dan tetap tersenyum pada dunia. Bagi mereka madrasahku bukan hanya surgaku tetapi ladang amalku.

13 komentar:

  1. sebelumnya maaf ya bu..cuma ingin menanggapi

    tidak ada sejarahnya seorang guru negeri itu menderita, sejak saya dilahirkan profesi guru selalu dihormati dan disegani dari sisi ekonomi. bullshet jika ada yang mengklaim kalau guru negeri pernah menderita..dan lihatlah umar bakrie sekarang pun sudah ngga bersepeda butut,ironisnya banyak yang cuma berburu sertifikasi tapi tetap saja ngajar dengan tanpa prestasi..

    membandingkan dengan gaji guru singapura sy kira ngga adil, klo mau membandingkan y prestasinya.bandingkan dg buruh pabrik yang berangkat jam 7 pagi pulang jam 7 malem gajinya cm seperlimanya,,

    BalasHapus
  2. PENDIDIKAN ADALAH TONGGAK BANGSA. TUGAS GURU MENYIAPKAN PESERTA DIDIK SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA.
    UNTUK MAS PRINGADI: MOHON MAAF SEBELUMNYA, SEANDAINYA ANDA TAHU BAGAIMANA KERJA KERAS GURU. JAMAN SEKARANG TUGAS GURU TK SAJA TIDAK SEPERTI TUGAS GURU TK JAMAN DULU. PEKERJAAN GURU TK JAMAN SEKARANG LEBIH BANYAK DAN BERAT DARIPADA JAMAN DAHULU, KAMI HARUS MENGAJARKAN DAN MENANAMKAN MORAL DARI USIA DINI. SAYA BISA TAHU DAN BERKATA SEPERTI INI KARENA SAYA SENDIRI ADALAH SEORANG GURU TK. APALAGI DITUNTUT HARUS BERGELAR S-1. ITU UNTUK GURU TK. KALAU KERJA GURU TK SAJA SEPERTI ITU BAGAIMANA DENGAN GURU SD, SMP, SMA DAN DOSEN PT. TENTUNYA MEREKA BEKERJA LEBIH EKSTRA DEMI KEMAJUAN MURID-MURIDNYA. TIDAK SEMUA GURU SEPERTI ITU.

    UNTUK AAN: PROFESI GURU MEMANG SELALU DIANGGAP TINGGI STATUS SOSIALNYA, OLEH KARENANYA DIHORMATI DAN DISEGANI, TAPI KALAU DIKATAKAN DARI SEGI EKONOMI SAYA KURANG SETUJU. BANYAK BUKTI YANG BISA KITA LIHAT DARI TAYANGAN TELEVISI DAN KEHIDUPAN NYATA. BANYAK GURU YANG NYAMBI JADI TUKANG BECAK, TUKANG PIJAT, PEMULUNG DAN LAINNYA. APAKAH HAL ITU TIDAK MEMBUAT HATI NELANGSA. MEREKA RELA MELAKUKAN ITU UNTUK MENGHIDUPI KELUARGA. SEDANGKAN UNTUK GURU HONORER DI DAERAH TERPENCIL HONORNYA HABIS UNTUK TRANSPORT. SUNGGUH BESAR PENGORBANAN YANG DILAKUKAN GURU. SEDANGKAN UNTUK SERTIFIKASI ITU ADALAH IMING-IMING DARI PEMERINTAH. GURU MANA YANG TIDAK INGIN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP. TAPI PERNYATAAN MAS AAN NGAJAR DENGAN TANPA PRESTASI TIDAK BERLAKU UNTUK SEMUA GURU. TIDAK SEMUA GURU SEPERTI ITU.
    DAN RASANYA KURANG BIJAK MEMBANDINGKAN JAM KERJA GURU DENGAN BURUH PABRIK, KARENA YANG DIHADAPI BERBEDA. BURUH PABRIK MENGHADAPI BARANG ATAU BENDA MATI (MAAF BUKAN MAKSUD SAYA MERENDAHKAN BURUH), SEDANGKAN GURU YANG DIHADAPI ADALAH MANUSIA, ANAK-ANAK GENERASI PENERUS BANGSA.

    BalasHapus
  3. saya baru tahu,kalau profesi seorang guru teremahkan...mungkin itu hanya segelintir orang saja sist.

    BalasHapus
  4. Bagi seorang guru tak harus mapan dan kaya seperti GAYUS, asalkan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari secara layak dan keperluan menyekolahkan anak-anaknya, mungkin sudah bisa dianggap cukup.
    Tapi sayangnya, hingga sejauh ini untuk bisa hidup layak dengan standar seperti ini pun masih perlu perjuangan keras dari semua pihak.

    BalasHapus
  5. wow,,,,fantastik,,,,,
    jadi terharu,berdiri semua bulu roma ku,,,,membaca artikel ini,,,,sungguh diluar dugaan,,
    memang tak semua guru itu sama akan tetapi jasa nan poengorbanan nya sangat b'rharga,meskipun aku belum jadi seorang guru tapi aku sudah merasakan senang dan susahnya menjadi seorang pendidik,,,,,tidak mudah mendidik manusia yang banyak d beragam tingkah lakunya,,,,aku kir wajar saja guru minta kerja kerasnya dihargai lebih oleh pemerintah,karna dijaman sekarang ini semuanya dituntut untuk lebih bisa bersaing,,,,,
    untuk aan,,,
    coba kamu renungkan didaerah saya gaji honorer hanya 17 rb RUPIAH/jam,,,apa yang bisa dilakukan

    BalasHapus
  6. @All:
    Temans...seru sekali membaca komentar anda semua. Memang asyik jk Qta blajar memandang 'n menilai suatu masalah bkn hy dari 'mata' 'n 'kepala' Qta sendiri. Jk Qta mencoba 'meminjam' mata 'n kepala org lain...maka dunia yg sdh luas akan smakin luas. Membuat hidup lebih hidup

    Buat:
    @Aan: bisa d maklumi pemikiranmu. krn d daerahmu (Pamekasan ya..?) kamu sering mlihat guru demo nuntut ini itu..bahkan hy demi demo mrd2 d telantarkan. Jg g' sdikit guru bermanipulasi dlm melengkapi berkas sertifikasi, cenderung menipu diri sendiri. Tapi..youngman... ada pepatah org tua Qta yg mengatakan: "Jauh berjalan banyak yg dilihat".... dan kata peneliti pembelajaran berbasis otak: "Otak tidak akan beranjak jika fisik tidak bergerak.." he he he...
    Anyway..komentarmu mantaf la utk input introspeksi diri. Big syukron....!!
    O,ya ttg guru negri (mksdnya PNS kan..?) kalo di daerah msh banyak yg ala Omar Bakri... Ap lg guru swasta jgn tanyaklah...termasuk yg posting artikel ini. huahahahaha... Bkn apa2 obsesi back to school lebih besar dari pada bersepeda motor... Hiks..1001x

    @Mbak Pelangi Anak:
    Wah surprise baca huruf kapital-nya. he he he..
    Iyo Mbak, sy jg ngaku... g' mudah ngajar anak TK. Klo sy d suru ngajar TK...wuih...ap bs sabir ya...? Setuju banget bahwa pekerjaan gr g'bs d smkan dgn buruh pabrik. Ortu aj yg d rmhnya ngadepin 3 or 4 anak kdg stress, ap lg Qta2 yg hrs menghadapi 300 or 400 anak dgn aneka warnanya. Kdg g' cm dr j 7 s.d 14.00... eh ad jg yg mlm2 nongol k rmh Qta dgn membw mslh na msg2. he he he.. Kerja lembur yg g' ad gajinya ya..!!

    @Aiysha:
    Mbak yg satu ini di Timur tengah ya..? Tentu g' kbr dgn polemik2 seperti ini di tanah air. he he he... Jgn2 kasus Gayus g' nyampek k sono. he he he lg ah

    @Akhmag Sudrajat:
    Makasi Pak sdh mampir 'n komen-nya. Iya Pak bagi seorg guru perlu krj krs dan tahan godaan utk mencapai taraf hidup yg 'cukup'. Mending ngarep 'rasa' cukup dari sang Khalik aj ya Pak. 'Rasa' yg g' bs d beli dgn nilai rupiah or dollar berapapun...!

    @Dewi:
    Wkt ber-PTK sdh ngerasainkan jadi guru...? Bgmn rasanya honey..?? Kayak nano-nano kan..? Rame rasanya...!! he he he...
    Duh ampe nyebut gaji guru honor.jd g' enak neh. So bagi gr yg lulus sertfkasi dan beban ngajar 24 jam maka gajinya 24 jam x 17.000,-...
    yak silahkan sodara hitung sendiri secara matematika..!! wkkk....

    BalasHapus
  7. RALAT:
    @Aan:
    Maafin ye.. dirimu dari Pemalang ya.. bukan Pamekasan.. Duuhh..ngarang amat ibu ya..!
    Please..forgive me.. I'm just human being..!!
    (ngeles mode is on now...)

    BalasHapus
  8. Wealah, komentarnya mantabh-mantabh ya... Semoga semuanya mendapat kebaikan (karena tujuannya baik).

    Saya juga guru, dan saya juga terus berupaya dengan segenap ketulusan cinta untuk anak-anak didikku meski banyak hak-hak keluargaku terabaikan karena harus hidup mensyukuri apa adanya.
    Tapi, tidak pernah patah semangat untuk memberi yang terbaik untuk anak-anak bangsa, Insya Allah.
    Dan kelak Allah akan mencukupkan balasan-Nya, amin.

    BalasHapus
  9. komentar u/ "dari seorang guru tentang hati guru".
    saya kira tidak semuanya demikian, yg tidak baik adLh oknumm atau individu bukan instansi ataupun profesinya.
    kecuaLi, bagi2 org yg meniLai hanya dgn menngunakan kacamata kuda.

    BalasHapus
  10. guru itu orang tua kita, sudah selayaknya kita ingin yang terbaik untuk orang tua kita. apa yang diajarkan guru kepada seluruh muridnya itu adalah amal jariyah. bahkan terkadang orang tua kandung kita tidak pernah mengajar seperti apa yang diajarkan oleh guru.

    BalasHapus
  11. waduh rame ya diskusinya hehehehe..semua profesi sudah ada tugasnya masing2..ada enak ada nggak enaknya..yang penting kita cinta profesi kita..kita ikhlas ngejalaninnya..lakuin yang terbaik..terserah orang lain mau ngomong apa..hanya kuda yang menganggab profesinya lebih penting dan lebih bermanfaat dari profesi yang lain..peace..

    BalasHapus
  12. Subhanalloh, rame nian diskusinya....walaupun memberi komentar itu hak asasi yang harus saling kita hormati tapi tetap akan kurang pas kalau melihat segala sesuatu hanya dari satu sudut pandang atau menggeneralisasikan dari hanya segelintir orang yang kita lihat seputar kita saja. Sangat banyak nasib guru yang sudah benar-benar bertugas dengan baik mengurusi peserta didik dengan penuh tanggung jawab tetapi statusnya masih gtt karena terkendala prosedur.Saya salut dan angkat topi pada mereka,makanya kami yang sudah PNS dan bersertifikat mencoba "tepo sliro" pada mereka dan berusaha berbagi dengan apa yang bisa kami bagi khususnya bagi teman2 sejawat di sekolah kami.
    Duh mas Aan tega nian dikau meng"generalisasi" dari sedikit yang kau liat.Dalam lapangan kerja apapun di bidang apapun ada saja "oknum" yang keluar dari rel, mulai dari pembantu, buruh, dokter,bahkan yang terhormat para anggota DPR/MPR. Yang paling efektif adalah mulai dari diri sendiri dulu deh kayaknya kalau negara kita ingin bener.Maaf ikut nimbrung nih bu, makasih.

    BalasHapus
  13. Guru itu hrs cerdas dan cerdik. Gaji besar atau sedikit lakukan yang terbaik. Harta sedikit atau banyak itu untuk menyambung hidup. Mudah-mudahan ketika di yaumil hisab perhitungannya cepat (krn hartanya pas-pasan).Banyak-banyak berdoa dan beribadah agar Allah mencukupi segala kekurangan.

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!