MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

11 April 2010

Menjelajah Pembelajaran Inovatif



Menjelajah Pembelajaran Inovatif merupakan salah satu buku yang tepat untuk dijadikan referensi bagi teman-teman yang sedang menyusun skripsi dengan topik Pembelajaran Kooperatif. Buku ini ditulis oleh Dr. Suyatno, M.Pd. Diterbitkan oleh Masmedia Buana Pustaka pada Oktober 2009 sebagai cetakan pertama.

Dalam buku ini diulas seputar paradigma baru pendidikan yang meliputi :

1. Pembelajaran Inovatif
2. Cara Kreatif Memilih Metode Pembelajaran
3. Aneka Metode Pembelajaran Inovatif
Terdiri dari:
a. Metode Quantum
b. Metode Partisipator
c. Metode Kolaboratif
d. Metode Kooperatif
e. Sadapan Ringkas
f. Aneka Model Pembelajaran Inovatif
4. Contoh RPP

Satu hal yang menarik pada buku ini ialah setiap awal bab diberikan intro sebuah kisah inspiratif, yang membuat kita jadi merenung sebelum menyimak setiap kalimat di buku ini. Misalnya kisah berikut ini yang terdapat pada halaman 38 mengawali Bab III dengan judul Minum Kelapa Muda.

“Nak, minumlah kelapa muda itu”, ajak Mbok Siti sambil menunjuk ke depan tempat dudukku. Rupanya, hari itu Mbok Siti telah menyiapkan kelapa muda untuk suguhan kami.

“Iya, Mbok”, jawabku sambil mengangkat kelapa muda segar yang sudah dibuka porosnya sehingga mudah diseruput.
“Segar kelapa muda ini, Mbok”, komentarku basa-basi.
“Setiap kelapa muda pasti segar karena berada di tengah pertumbuhan menjadi tua”, kata Mbok Siti.

Kesegaran itu dapat diraih setelah kita membuka sabut kelapa dan mengupas batok kayunya. Usaha mengupas itu memerlukan waktu, usaha, dan tenaga yang terjalin dalam sebuah proses. Karena mengupasnya penuh rencana, inti kelapa muda itu dapat diraih.
Begitu pula seorang guru, untuk mendapatkan hasil yang menyegarkan bagi kita, perlu upaya dalam memproses siswanya melalui usaha, waktu, dan tenaga pula.

“Kadang, banyak guru yang tidak ada waktu dalam memproses siswa”, kata Mbok. Hasilnya, siswa tidak menunjukkan perubahan.

Begitu pula, ada guru yang mempunyai waktu tetapi tidak bertenaga, hasilnya sama saja mengecewakan kita. Lalu, ada guru yang punya waktu dan tenaga, tetapi tidak punya usaha, hasilnya juga tidak maksimal.

“Jadi, guru juga harus mempunyai waktu, usaha, dan tenaga dalam berproses”, kata Mbok pelan sambil mengangkat kelapa muda untuk diminumnya.

Sungguh sebuah kisah sederhana, tetapi mengandung wise words yang bermakna dalam temans. Secara pribadi mengakui belum mencapai taraf guru seperti yang dimaksud pada kalimat-kalimat bijak di atas. Tetapi seiring waktu akan tetap berusaha berproses mencapai taraf tersebut. Insya Allah..!

16 komentar:

  1. SAYA PALING SUKA KALAU SEMUA BUKU PELAJARAN SELALU DIDAHULUI DENGAN INTRO PADA SETIAP BABNYA. BAGI SAYA DENGAN BEGITU MATERI PELAJARAN YANG DISAMPAIKAN AKAN LEBIH MENGENA DAN DIINGAT KETIMBANG TIDAK ADA PENGANTAR /INTRONYA YANG BERUPA CERITA. SEPERTI TERHADAP ANAK, UNTUK MENYAMPAIKAN AJARAN MORAL PADA ANAK AKAN LEBIH EFEKTIF MELALUI METODE BERCERITA. KALAU ANAK KECIL SUKA CERITA, ORANG DEWASA LEBIH MENYUKAINYA....
    BTW, TENTANG CERITA MINUM KELAPA MUDA, TERNYATA KRITERIA UNTUK MENJADI SEORANG GURU YANG PROFESIONAL MEMANGLAH TIDAK MUDAH DAN MEMBUTUHKAN WAKTU UNTUK MENGASAH KEPROFESIONALANNYA.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, sekarang ini mulai bermunculan buku-buku yang mengupas tentang pembelajaran inovatif, salah satunya adalah karya Dr. Suyatno, M.Pd di atas yang layak untuk dijadikan rujukan bagi guru.
    Selain tersedia intro, saya juga senang jika dalam setiap bab tersedia penggalan catatan tentang saripati isi bab yang bersangkutan, untuk memudahkan saya mengingatnya.

    BalasHapus
  3. artikel yang keren..samngttt
    numpang baca2 ya ehhe

    BalasHapus
  4. aLhamduLiLLah dpt 1 iLmu Lg waLaupun u/ memaknainya hrs membacanya secara beruLang-uLang. makLum si_om Lemot mood-on.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum,

    mohon maaf saya Jefry Aditya mahasiswa Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. ibu dimana saya bisa mendapatkan buku Menjelajah Pembelajaran Inovatif – oleh Dr.Suyatno,MPd, Masmedia Buana Pustaka 2009...
    mohon balasannya ibu sri..
    termakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam
      Buku ini dulu (2010) Ibu dapatkan di Gramedia Medan. Semoga Jefri juga bisa menemukannya di Gramedia terdejat di kotamu. Trims ya sudah mampir di blog Ibu. Sukses selalu.

      Hapus
  6. Saya sangat berterima kasih atas apresiasi kawan-kawan. Buku itu saya tulis untuk kawan guru di semua tempat. Syukurlah kalau banyak yang menikmati. Maaf, saya baru mengomentari. Wasalam, Suyatno dari Universitas Negeri Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dapat komen dari penulisnya langsung. Terimakasih Pak. Buku Bapak memang telah menginspirasi saya. Sukses slalu

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum bu sri rahayu...
    apakah masih punya buku menjelajah pembelajaran inovatif karya Bp. Suyatno Masmedia??? maaf bu, apakah saya boleh meminjamnya?? Soalnya untuk referensi skripsi dan sudah mencari ke mana2 kosong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Wr Wbr
      Masih ada Bu/Mbak/Dek (he he hee pilih sapaan yg disuka ya), tetapi bagaimana cara meminjamkannya ya?

      Hapus
  8. assalamualaikum bu sri,,,
    di t4 saya Padang sulit sekali menemukan buku ini..gmana cara saya mendapatkannya buk??saya sudah cari si gramedia tetapi gak ada..mohon balasannya buk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weni,
      Pada komen sebelumnya banyak yg mengajukan pertanyaan senada dgn pertanyaanmu. Coba cek jawaban ibu sebelumnya. Oya, diantara yg komen ada juga penulis buku itu (Pak Suyatno). Coba hubungi beliau di blog-nya. Semoga berhasil

      Hapus
  9. Bu apakah didalam buku ini terdapat metode pembelajaran THINK PAIR WRITE?? Terimakasih

    BalasHapus
  10. bu apakah buku ini ada tentang circ cooperative integreated reading composition..
    ??

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum. Saya silviana mahasiswa STKIP MBB. Saya sangat membutuhkan buku ini untuk penulisan skripsi saya. Saya sudah mencari digramedia dan toko buku lainnya tetapi sudah tidak tersedia. Saya sangat membutuhkan bantuan anda. Saya tunggu konfirmasinya. Email: silvianast95@gmail.com

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!