MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

7 Agustus 2010

Ramadhan Sebagai Madrasah I’dadun Nufus


Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta sebagai pembeda (antara hak dan batil).
Karena itu, barang siapa diantara kamu ada dibulan itu, maka berpuasalah
(Al-Baqarah 185)


Saat ini kita telah sampai di penghujung bulan Sya’ban. Insya Allah sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan barokah, rahmah dan maghfirah. Sebagaimana kutipan terjemahan dari surah Al Baqarah di atas, bahwa pada bulan ini berabad-abad yang lalu Al Qur’an diturunkan sebagai Kitab suci dan merupakan Furqan (pemisah) antara hak dan bathil. Di bulan ini juga kita diwajibkan berpuasa (Shaum). Suatu panggilan kewajiban yang diserukanNya hanya bagi orang-orang yang beriman. Ya, hanya orang yang beriman saja lah yang merasa terpanggil dengan seruan ini (Al Baqarah 183).

As-Shaum berarti Al-Imsaak, menahan diri. Yang dimaksud adalah menahan diri bukan hanya dari makan dan minum melainkan juga menahan diri dari hawa nafsu, keserakahan, kemarahan dan kecenderungan-kecenderungan berlebihan kepada materi dan kecintaan kepada kepuasan, kekuasaan dan kedudukan.

Ramadhan tidak ubahnya sebagai ‘kawah candradimuka’. Di bulan ini kita melatih diri dengan niat dan kemauan yang kuat (taqwiyatul iradah). Selain itu shaum juga merupakan tarbiyah (pembelajaran) untuk melatih kesabaran (tarbiyatul ‘alash-shabr), kesabaran dalam menjalani hidup dan cobaan, kesabaran dalam menjauhi kemaksiatan serta kesia-siaan dan kesabaran dalam bertaat kepada Allah, menjalankan perintah-perintah dan kewajiban-kewajiban yang dibebankan kepada kita. Shaum juga memberikan kesempatan kepada kita untuk melatih diri mengenal nikmat Allah SWT (ta’rifun ni’mah).

Orang yang bisa merasakan manis adalah mereka yang pernah merasakan pahit. Kita bisa merasakan nikmatnya kenyang setelah kita tahu bagaimana rasanya lapar.
Dengan demikian Ramadhan adalah madrasah untuk I’daadun nufus dalam rangka jihad fi sabilillah, persiapan mental menghadapi jihad di jalan Allah. Mental yang kita harapkan tetap melekat dalam diri sekalipun telah keluar dari bulan Ramadhan.

Sebelum memasuki Ramadhan, izinkan saya mohon maaf kepada semua sahabat-sahabat blogger dan kepada siapa saja yang pernah berkunjung di sini, yang mengenal saya di dunia maya maupun di alam nyata. Selama kita bersilaturahmi, mungkin ada kekhilafan yang sungguh tiada pernah disengaja apa lagi diniatkan, yang mungkin pernah menjadi ‘kesan’ tidak nyaman di sanubari anda semua. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Untuk itu dengan segala kerendahan hati saya mohon dimaafkan. Agar kita semua dapat memasuki bulan suci ini dengan hati yang suci pula. Sehingga kita dapat kembali fitri di 1 Syawal 1431 H nanti.

Semoga kita dapat mengaplikasikan program Ramadhan kita dengan rencana Qiyaam Ramadhan tahun ini untuk meraih ‘door prize’ yang telah disediakan Allah SWT di 10 hari pertama sebagai bulan Barokah, 10 hari kedua sebagai bulan Rahmah dan 10 hari terakhir sebagai bulan Maghfirah yaitu bulan Al-‘Itqu minan-naar; membebaskan diri dari api neraka.

Semoga Allah memberi kemampuan kepada kita untuk menunaikan tugas-tugas yang dibebankan kepada kita serta kemampuan untuk menghadapi tantangan-tantangan yang tak kunjung berhenti ini. Semoga bertambah iman dan amal kita. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Selamat Menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan Bagi yang Menjalankan
Taqobbalallahu Mingkum Minna wa Mingkum

36 komentar:

  1. Selamat menjalankan puasa juga..

    BalasHapus
  2. marhaban ya ramadhan...
    selamat menunaikan ibadah puasa...
    smoga mndapat hidayah di bln yg penuh barokah dan ampunan ini...

    BalasHapus
  3. Ga terasa ya mba, sebentar lagi kita rebutan door prize nya. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan bertemu dengan Ramadhan. Semoga kita bisa melewati Ramadhan ini dengan baik ya... Amin...

    Aku mohon maaf juga sekiranya ada kesalahan kata yang disengaja ataupun ga ya mba yu'.. :)

    BalasHapus
  4. thnks mas infonya..bermanfaat nich buat saya..sukses selalu yah mas.. blognya keren nich..kalau berkenan mau gx kita tukeran link?thnks di tunggu jawabannya di blogku..

    BalasHapus
  5. @fb 'n etam grecek: thanks sdh mampir friends

    @AkuInginPulangDiKalaSenja: Amin Y Rabb.
    Sama2 Mbak jg mohon maaf jk ad kata yg tdk berkenan

    @Belajar Ilmu Komputer: Iddiiihhh please deh ah, apa diriku ini kurang feminin prend..? Hiks...!
    Thanks sdh mampir

    BalasHapus
  6. Marhaban ya Ramdhan..kayaknya baru kemaren ketemu ramdhan..sekarang (sejak koment ini di buat) tinggal H-2 .. ah bumi ini semakin kecil saja,termasuk manusianya,apa yg di sombongkan manusia di hadapan Nya

    BalasHapus
  7. amin ya Rabbal'aLamin.
    terkadang ada perkataan, candaan, priLaku yang menyinggung di antara kita. mari kita bersihkan hati daLam Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf Lahir dan batin.

    BalasHapus
  8. @Sekitar Kita: betul..betul..betul...! Ap lg sjk jaringan internet merambah stiap pelosok negri, seolah-olah dunia tanpa batas, menembus jarak dan waktu.

    @Om Rame plus Aan: kita sering bercanda, diskusi (wlopun kdg diskusi g' jelas. he he he), ngeledek, tereak2 (diriku mksdnya), mohon segala yg g' nyaman d maafkan ya. Semoga kita dapat bertemu Ramadhan dari hari pertama hingga hari terakhir nanti, 'n kembali fitri di 1 Syawal 1431 H.
    keep be my friends...!

    BalasHapus
  9. Marhaban Ya Ramadhan :-) mkasih ibu sri sudah mau jadi teman Tembang Lawas baik di bloger maupun di pesbuk he he he he :

    BalasHapus
  10. salam kenal, dan met menjalankan ibdaha puasa :)

    BalasHapus
  11. Maaf telat sob..konfirmasi link sobat sudah terpasang coba cek aja yah sob..thnks dah mau tukeran link dengan blogku..

    BalasHapus
  12. jangan sampai saat Ramadhan semua berLomba-Lomba untuk berbenah diri tapi ke depannya kembaLi terpuruk pada keadaan semuLa.
    asumsi saya, becanda dan ngeLedek tetep. yang penting kembaLi Lagi kepada individu untuk menyikapi dengan keLuasan hati dan pemikiran, agar bisa menerimanya dengan kedewasaan. piss ah.
    kaLo asumsinya begini, gimana Buw? boLeh gak?.

    BalasHapus
  13. @Tembang Lawas: Terimakasih kembali youngman. Sukses slalu.

    @Jun: Salam kenal kembali

    @Belajar Ilmu Komputer: Thanks

    @Read Online: Terimakasih sdh mampir

    @ Om Rame: Oce lah Om. It's OK. Ap sih yg g' boleh buat Om..? hek hek hek...maaf ad yg nyangkut d tenggorokan...!

    BalasHapus
  14. Bulan Ramadhan, bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam sedunia. Bulan yang penuh barokah, rohmat dan ampunan. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1431 H.

    BalasHapus
  15. secara pribadi, insya Allah sebeLum yang bersangkutan meminta maaf. apapun yang mengganjaL di daLam hati di upayakan dengan sesegara mungkin akan dibuang jauh-jauh, terLepas dari buLan Ramadhan ataupun buLan-buLan Lainnya. diharapkan haL tersebutpun dapat diLakukan oLeh yang bersangkutan.
    kecuaLi, ada yang mengganjaL ditenggorakan harus segera di keLuarkan biar enggak keseLek.

    BalasHapus
  16. @Herdoni: Trimakasih teman

    @Om Rame: qta selalu sj begini ya. Om k 'rumah' sy, eh sy k 'rumah' Om. Kalo begini terus kpn ketemunya..? Twapex d jln dweh. he he he..!
    BTW...thanks for everything...!

    BalasHapus
  17. @ Om Rame n Ibu
    dalam berpuasa bercanda tidak di larang yang di larang adalaaaah....*serius modeon

    adalaaaah....



    becanda sambil makan.....

    BalasHapus
  18. marhaban ya ramadhan, menjelang bulan ramadhan, mohon maaf lahir batin :)

    salam kenal...

    BalasHapus
  19. mohon maaf lahir dan batin.. salam kenal

    BalasHapus
  20. WALAH, BELON RAMADAN DAH NULIS DULUAN? AKU KETINGGALAN DONG!

    BalasHapus
  21. sama2 bu guru mohon maaf lahir dan bathin.. maaf juga PR-nya belum dikerjain susah.. hehe..

    BalasHapus
  22. silaturahmi sore mbak
    selamat menyambut bulan suci Ramadhan ya mbak
    somoga amal ibadah kita diterima Allah swt

    BalasHapus
  23. @SEkitar Kita: Elu...? Serius...? Impossible..!
    he he he..! Jgn lama2 OL FB na.. Ntar sahur kesiangan lo..!

    @Vini Vidi: termasuk apa..? Kok gantung..?

    @Indra 'n Krupuk: salam kenal kembali

    @Tukang Pos: Ya nggak la. Kan masih ad kereta yg lewat. he he he. Anyway, thanks y sdh mampir

    @Trishana: ha ha ha.. Itu PR konyol ya..!

    @Aby: Semoga.. Amin Y Rabb..!
    BTW, makaci sdh mampir..!

    BalasHapus
  24. Bila kata merangkai dusta..
    Bila langkah membekas lara…
    Bila hati penuh prasangka…
    Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.
    Mohon bukakan pintu maaf…
    MARHABAN YAA RAMADHAN...

    SALAM BERKAWAND

    BalasHapus
  25. Tembang Lawas mengucapkan selamat menikmati Sahur sem0ga puasa kita hari ini diterima Alloh SWT amien :-)

    BalasHapus
  26. selamat menunaikan ibadah puasa mbak
    salam dari blogger jatim
    heheh

    BalasHapus
  27. met menjalankan ibadah puasa ya mba...:)

    BalasHapus
  28. Iya benar juga ya. Kita bisa merasakan sehat karena kita pernah mengalami sakit.

    Marhaban Yaa Ramadhan, Selamat Berpuasa, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    BalasHapus
  29. @Anggar: salam berkawan juga

    @Tembang Lawas: Amin Y Rabb

    @rezKY: salam juga dari blogger Brandan - Sumut
    Thanks sdh add FB sy

    @windflowers: trims Mbak

    @pelangi anak: Sama2 sist. Trims sdh mampir

    BalasHapus
  30. semoga saja kuaLitas ibadah kita semua semakin meningkat dari tahun-tahun sebeLumnya, dan pada buLan ini bukan merupakan sarana hanya sebatas meningkatkan niLai-niLai ibadah berdasarkan tradisi semata, tetapi harus diterapkan secara berkesinambungan.

    BalasHapus
  31. Amin Y Rabb...!
    Iya Om...! Terimakasih untuk pencerahannya. Maaf jika ini reply terkesan 'tidak menarik'. Hiks...!

    Coz that's the way I'm
    *sambilkedip-kedipdpojokan

    BalasHapus
  32. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi langkah awal kita menuju yg lebih baik, secara lahir maupun bathin. Amin.. selamat menunaikan ibadah puasa

    BalasHapus
  33. Salam Kenal dariku, artikel menarik :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!