MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

1 Februari 2010

Setahun Sudah



“Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Begitulah kata Ali bin Abi Thalib, khalifah terakhir dalam jajaran Khulafaur Rasyidin. Pramoedya Ananta Toer juga pernah menegaskan: "Sepandai apa pun seseorang, jika tidak menulis, ia akan dilupakan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."

Dua statemen itu dinyatakan oleh dua tokoh yang hidup pada era yang sangat jauh berbeda. Tetapi maknanya yang begitu dalam sungguh fleksibel dengan kondisi jaman yang bagaimana pun juga. Tanpa terasa waktu yang begitu cerdas, terus bergulir secara dinamis tanpa pernah mau menunggu dan tak dapat dicegah oleh pihak mana pun untuk berpacu telah menyadarkan saya bahwa diawal Februari 2010 ini genaplah setahun lamanya saya menulis di blog minimalis ini.

Seorang sahabat dari milist Klub Guru Indonesia pernah memberikan tips cara menghitung waktu seperti berikut ini:
Ada 4 cara menghitung waktu.

1. Cara Penjumlahan

Kalau hari ini kita berumur 17 tahun, maka tahun depan umur kita akan bertambah 1 tahun menjadi 18 tahun. Ini adalah cara menghitung umur yang paling sederhana, paling sesuai bagi anak kecil. (kalau anda masih menghitung umur dengan cara ini, anda masih anak-anak)

2. Cara Pengurangan

Setelah semakin sering kita berulang tahun, akhirnya kita sadar bahwa setiap kali kita ulang tahun, sebenarnya umur kita bukannya bertambah, tapi berkurang! Setiap kali ulang tahun maka sisa umur kita semakin sedikit, kita semakin dekat pada akhir hayat. Orang yang sudah menyadari bahwa sisa hidupnya makin hari makin sedikit
adalah orang yang sudah dewasa.

3. Cara Perkalian

Setelah sadar bahwa umur kita terus berkurang, maka kita harus tahu cara menghitung waktu yang ketiga yaitu bagaimana caranya melipatgandakan waktu yang kita miliki. Misalnya saat kena macet dijalan, kita membaca buku (bisa dong kalo punya supir). Ini adalah contoh bagaimana kita melipatgandakan waktu.

Prinsipnya adalah dalam waktu yang sama, kita memperoleh lebih banyak.

Cara ketiga ini adalah cara yang dipakai oleh orang-orang yang paling pandai diseluruh dunia. Mereka memikirkan bagaimana agar dalam hidup yang singkat bisa melakukan produktifitas yang lebih besar, bisa memperoleh sebanyak mungkin.

Kalau kita berhasil memahami cara menghitung waktu yang ketiga maka kita adalah orang pandai! Tapi kita belum bisa dikatakan sebagai orang yang bijaksana bila belum mengerti cara menghitung waktu yang keempat.

4. Cara Pembagian

Setelah berhasil melipatgandakan waktu yang kita miliki dan mendapat begitu banyak hal dalam hidup kita, maka yang harus kita lakukan kemudian adalah membagikannya.

Kalau kita mendapat banyak ilmu, sebarkan semua sebelum kita mati, kalau kita mendapat banyak harta, bagikan semua sebelum ajal menjemput.

Seorang filsuf berkata, "orang yang mati dalam keadaan kaya adalah orang yang paling bodoh"

Maksudnya, uang itu buat apa? Kan tidak bisa dibawa mati bukan? Memang sudah menjadi tugas kita untuk membagikan semua berkat yg pernah kita peroleh kepada orang lain.

Dengan memahami cara menghitung waktu yang keempat maka hidup kita menjadi bermakna. Maka kita tak akan menyesal kapanpun kita harus mati.

Sungguh salah satu missi meng-create blog ini adalah belajar menghitung waktu dengan cara yang ketiga dan ke-empat. Untuk sementara karena harta yang dipunya belum seberapa, ya sharing informasi saja lah dulu. Hu hu hu..

Sebelumnya pernah muncul kekhawatiran di hati. Khawatir aktifitas nge-blog akan menyita waktu, sehingga PR terbengkalai. Karena saya termasuk orang yang gampang penasaran plus keranjingan dengan sesuatu yang baru. Lalu kekhawatiran itu menjadi kenyataan. Untunglah hanya sesaat. Walau bagaimanapun harus komit dengan skala prioritas. He he he… Lebai memang…!!

Masih melekat dibenak saya blogger pertama yang send komen di blog saya ini, yaitu Beranda Brandan. Kemudian blogger pertama yang follow blog ini adalah mdjobs. Silaturrahmi diantara kami bahkan berlanjut by email. Tetapi akhir-akhir ini terhenti. Konon kabarnya beliau busy menyelesaikan studi Pasca Sarjana-nya di ITB. Selain itu blogger pertama yang mengenalkan saya dengan bisnis dunia maya, yaitu Asep Bogor (salut buat kang Asep, sampai sekarang masih setia berkunjung, dan selalu menyapa jika ketemu di FB. Makasi teman untuk semuanya). Tapi sampai sekarang saya belum juga melibatkan diri di dunia tersebut. Maybe oneday. Bukan karena keterbatasan waktu, tetapi keterbatasan ‘modal’ untuk browsing. Ha ha ha… Duh..lebai memang. Kemudian sahabat blogger pertama (dan satu-satunya) yang memberikan award kepada blog ini, yaitu aan. Thanks for all and success for you, guys.

Pada moment ini, ingin juga saya mengungkapkan rasa terimakasih dari lubuk hati terdalam kepada:
1. Seluruh sahabat blogger yang dengan ikhlas telah meletakkan potonya di kotak Follow.
2. Seluruh sahabat yang telah mengapresiasi tulisan di blog ini, baik melalui kotak komentar, buku tamu, email,in box FB, SMS atau langsung face to face.
3. Seluruh sahabat blogger yang telah meletakkan link Sharing is Fun (dalam bentuk nama lengkap saya atau nick name saya) di blognya.
4. Seluruh sahabat yang telah berkunjung ke blog ini baik itu disengaja maupun tidak disengaja (searching by google)
5. Seluruh sahabat yang telah memberikan kontribusi inspirasi tulisan-tulisan di sini.
Tanpa anda semua blog ini bukan lah apa-apa. (La wong memang gak ada apa-apa nya. Ha ha ha…)
Secara pribadi banyak hal-hal positif yang saya dapat selama setahun nge-blog. Bagi saya blog bukan hanya sebagai media untuk sharing, melainkan tempat saya menyimpan berbagai arsip yang dapat saya akses dimana saja dan kapan saja selagi masih terjangkau jaringan internet. Bahkan tanpa disadari blog tak ubahnya open diary. Melalui nge-blog saya juga mendapatkan sahabat-sahabat baru, ilmu baru dan menjelajahi rumah maya para blogger yang content blog nya menakjubkan. Terkadang belajar banyak dari mereka. Wow….It’s fantastic…!!

Jika ada dampak negatifnya mungkin cuma satu, yaituuuu…….budget untuk browsing jadi membengkak. Ha ha ha… tapi gak pa pa lah. Uang bisa dicari, namun kepuasan batin tidak dapat di beli. Terkadang melalui blog ini sering saya menemukan sesuatu yang membuat saya merasa LEBIH BERHARGA dari pada sekedar ditanya…..BERAPA..??

Sekali lagi terimakasih untuk sahabat semua dan semoga blog ini mampu eksis….till the end of my life. Alahmak….jadi mendadak mello…!!

Jazakillah Khairan Katsira…!!

17 komentar:

  1. Happy birth day to blognya ibu, hehehe....semoga terus memberikan informasi yang positif, Amiiin. Jangan bosan-bosan posting artikel tentang pendidikan. Sekali lagi selamat yah bu ........

    BalasHapus
  2. Makasi Asep. Apa ane bilang....dirimu emang setia. Sukses juga buat mu Friend.

    BalasHapus
  3. HAPPY BIRTHDAY SHARING IS FUN BLOG....
    smoga sukses selalu menyertai blog serta mbak Sriayunya...
    smoga selalu bisa memberi manfaat kepada sesama...
    Amin....

    Skali lagi Met Ultah yaaa.....

    BalasHapus
  4. wah,,,cara ngitungnya macam2 ya bu guru...
    seepp lah..makasih...sebagai murid hanya bisa mendengarkan saja...

    semoga setelah setahun ini dapat menjadi lebih baik...

    BalasHapus
  5. semoga dengan bertambahnya usia bertambah pula kontribusi blog ini kepada sesama.

    BalasHapus
  6. alhamdulilah sampai detik ini saya masih diberi kesempatan untuk silaturahmi,menarik sekali metode penghitungan waktunya mba..
    jadi inget dulu waktu pertama nge follow,dg PD nya saya menyapa.."makasih mas.." hehe

    sukses y mba..

    BalasHapus
  7. Selamat Hari Jadi Blog ini ya Bu Guru,Moga makin banyak sumbangsihnya dan harapannya semoga makin banyak kreasi dan inspirasinya dan tak lupa sukses selalu.

    BalasHapus
  8. Selamat Ultah ke 1...........
    tetap semangat, teruslah berkarya dan berbagi untuk kemaslahatan!

    BalasHapus
  9. ada tagg mba buat mba disini..


    http://aanworld.blogspot.com/2010/02/tag-about-yourself.html

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum...
    wah,lama saya nggak kunjung ke sini.KOk nggak muncul updatenya ya?Makin menarik aja artikelnya sis.Selamat hari Ulang tahun yang pertama ya.Tetap semangat!!!

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, Bu Sri and Selamat merenungkan Milad setahun blognya moga terus memberikan inspirasi kepada semua orang. Emang bener, kalo dipikir sekilas apa ya, ada manfaatnya kita menulis di blog ini. Ternyata, Subhanallah, berapa banyak orang yang mendapat pencerahan atas blog yang bermanfaat. Kalo ngutip omongannya ROMY RAFAEL, kita ambil kesempatan untuk memberikan penetrasi segala yang positif di alam bawah sadar setiap orang sebanyak-banyaknya.
    Keep inspiring and Happy BeginDay, hehehe...
    Salam Semangat buat Semuanya ajah !!!

    ZAY
    http://zaynet.wordpress.com/

    BalasHapus
  12. @Serba Blog, ArtikelAgama,Hapia Mesir: Syukron doanya

    @aan: ha ha ha...mbakjg g lp lo kjdian itu.

    @Yan: Thanks my old friend for ur visiting. Sukses bt elo

    @Akhmad Sudrajat; Trimakasih Pak,menyempatkan mampir d sela2kesibukan Bapak. Smoga sehat slalu dan sukses dalam tgs

    @aisya: apa iya g munculup date na? Mainkemana ya?

    @ZAY: Thanks Pak Zay sdh mampir. Slm semangat jg

    BalasHapus
  13. ibuk,,,,,,,,gimana kabar na,,,,,,,ewi dah baca blog ibuk .....
    kerenzzzzz......
    ibuk makasih bnyk,,,,dah mau bantu ewi,,,tau gak buk ,,,,blog ibuk masuk kedalm daftar pustaka untk skripsi ewi,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    moga semua rekan2 yang aktif di dunia maya baca blog ibuk selain untuk sharing,,,juga bisa untuk nambah ilnu d persahabatan,,,,,,,,

    (Ini komentar Dewi Efrita, seorg mahasiswa d Padang yg Maret nanti akan wisuda, d inbox FB, mo posting suse katanya)

    BalasHapus
  14. Senangnya bisa bertemu dengan blog guru.
    Saya telah memasukan link blog ibu ke dalam blogroll "rumah guru".
    keep blogging utk kemajuan kualitas IPTEK dan IMTAQ siswa Indonesia :)

    BalasHapus
  15. Trimakasih Bu. Link Ibu jg sdh sy masukkan d Blogger sahabat.

    Salam semangat..!!

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Ass.Wr.Wb
    Bu maaf karena baru sekarang2 punya hobby jalan2 menyusuri blog (Alhamdulillah menurut sya sih ini hidayah , karena nambah deh ilmu saya ) jadi baru ngucapin selamat ultah blog nya.Semoga sukses dan senatiasa diberi berkah, baik orangnya maupun blognya.
    Subhanalloh artikel di atas sarat manfaat,mohon ijin share ke peserta didik saya bu di fb (sementara ini sarana itu yang cukup populer dan diterima mereka). Makasih...

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!