MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

6 Juni 2009

Seleksi Peserta Sertifikasi 2009 Yang 'Aneh'


Senang sekali hari ini punya peluang nulis lagi, disela-sela hari-hari tugas yang gak jelas. Antara tugas guru and kuli. He he he…. Kalo jadi kuli perusahaan ada peluang tajir ya, tapi kalo jadi kuli ummat…hmm….walopun gak bakal tajir…..asyik juga kok. Paling tidak mengaplikasikan ‘pesan’ Rasul: Ingatlah yang lima sebelum datang yang lima. Eiitss…kepanjangan neh intronya, terus apa yang mo dishare hari ini ? Ada teman…ya sedikit curhatlah…!!

Akhir Mei lalu diumumkan guru-guru dibawah naungan Departemen Agama Kabupaten Langkat yang dipanggil untuk sertifikasi. Hasil pengumuman ini sungguh mencengangkan. Rekan sejawat saya yang masa tugasnya lebih dari 10 tahun belum dipanggil, tetapi yang masa tugas 5 - 8 tahun sudah dipanggil. Beban tugasnyapun lebih sedikit dari yang masa tugasnya lebih dari 10 tahun. Yang lebih mencengangkan lagi beberapa guru yang belum S1 juga turut dipanggil padahal usia masih 20-an (mereka kuliah semester 8). Semua orang juga tahu bahwa salah satu syarat akses menuju Sertifikasi Guru adalah harus telah S1 (relevan atau tidak). Fasilitas kemudahan non S1 diberikan kepada guru yang telah berusia di atas 50 tahun. Aih aneh bin ajaib. Saya jadi turut prihatin dengan beberapa rekan sejawat yang kecewa.

Kalau masa kerja yang lebih rendah tetapi telah mencukupi lima tahun, mungkin masih bisa ditolerir, tetapi yang belum S1 itu bagaimana ? Bukankah salah satu syarat akses Sertifikasi Guru adalah berpendidikan S1 ? Entahlah. Waiting list yang dikeluarkan Departemen Agama pada tahun 2008 lalu ternyata tidak ada kekuatannya. Yang ada hanya kekecewaan. Mungkin lebih baik gak usah dikeluarkan waiting list kali ya? Jadi para guru tidak berharap jauh.

Kepada rekan-rekan yang merasa dikecewakan dengan keadaan ini, jangan khawatir…. Pasti ada hikmah dibalik sebuah peristiwa. Tugas tetap jalan. Jaman dahulu walaupun tidak ada iming-iming Sertifikasi toh para guru kita tetap menjalankan tugasnya….buktinya kita bisa begini karena jasa mereka juga. Mereka-mereka yang ikhlas mengabdi tanpa peduli dengan segala embel-embel ‘Profesionalisme’.

Apakah 'keanehan' ini hanya terjadi hanya di Kabupaten Langkat saja ? Atau hanya yang di lingkungan Departemen Agama saja ? Entahlah. Mungkin teman-teman yang diwilayah luar Langkat bisa share di kolom komentar. Gimana Seleksi Peserta Sertifikasi Guru di wilayah Kabupaten anda ……..?

9 komentar:

  1. Btw... jgn pke istilah kuli donk untuk umat. bekerja utk umat adlh mulia, jd itu adlh nikmat yg hrs disyukuri....

    Jd depag ga konsisten ya...
    Gimana kalo depag nya disomasi aja......kan somasi lagi ngetrend...heheh....

    BalasHapus
  2. Mmm kok bisa ya?
    Kalau di tempatku sepertinya ga ada yg masalah Mba Sri..
    Soalnya kemaren guru PAI di tempat saya (masih GTT) karena masa kerjanya dah lama dapat urutan 50 di waitinglist, malah dia sendiri kaget dan harus dadakan mempersiapkan portopolio..
    Kalo saya sih baru 3 th jd guru, masih nunggu bbrp puluh tahun lagi kali ya Mba.. he..he..

    BalasHapus
  3. Ya, saya juga denger begitu, ga cuma di Depag aja di Depdiknas juga ada terutama yang sekolah swasta. Tapi ga tau bener apa nggak, soalnya di Jakarta sih ga kedengeran tuh Bu Sri.
    BTW, SETUJA deh (setuju banget) maksudnya, dalam beraktivitas/beramal, janganlah pernah menggantungkan pada materi, karena kita akan selalu dikecewakan dengan kenyataan. Tapi, kalo bergantung dan berharap pada Allah Yang Maha Kaya, DIA tak pernah ingkar janji dan tak kan pernah mengecewakan kita.
    Akherat dapet, Dunia pun Insya Allah dapet...
    Kalo dunia ga juga dapet? Yaudah, Catatan dan balasan Allah pasti lebih mulia dari dunia dan seisinya!!! (jadi kaya ceramah neh, maaf ya Saudaraku, bukan menggurui, cuma refleksi koq ...)
    ZAINUDIN IDRIS
    http://zaynet.wordpress.com
    http://zayweb.com

    BalasHapus
  4. entah bagaimana dinegara kita.....entah apa yg dihargai....apakah ijazah???atau kah profesionalitas...????

    BalasHapus
  5. @ Kabar baik bu sri, gaji guru dan dosen pns tahun 2010 kabarnya naik 50%..

    BalasHapus
  6. Saya Non PNS lo pak. Tp ttp senang denger kbr bgs itu. Smoga g' cm kbr aj. Wah brother Mampir Ngombe psti kegirangan tuh. Ap lg Asep 'n pak Zainal Idris. He...3x. Sukses slalu utk anda smua

    BalasHapus
  7. Setuju banget.... emang aneh tapi nyata
    alhamdulilah..... yang penting enjoy aja lg.....
    http://sdnpw04.wordpress.com

    BalasHapus
  8. saya setuhu dengan pendapat mbak sri, karena saya salah satu guru di depag langkat, emang gak jelas pemanggilan sertifikasi itu, buktinya teman saya masih 1 tahun kerja eh.. udah di panggil padahal kami yang sudah 5 tahun lebih mengabdi masih gaib kabrnya gimana. harus 3 kali lah mengulang data.. saya pikir itu semua sudah diatur, sapa yang kenal orang depag dia dapat duluan, nah nasib kita.. gakn usah percaya sama waiting list ya mbak..

    BalasHapus
  9. Ya ya, g' usah percaya waiting list. Percaya ama ketentuan Allah sj. He he he. BTW, senang dpt kunjungan plus komentar dr rekan d langkat. Tp 'jekak' na krg jls tu. Saya nyasar k Yahoo.

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!