MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

7 Desember 2009

Brain-Based Teaching



Nama Buku : Brain-Based Teaching:
Merancang Kegiatan Belajar-Mengajar yang Melibatkan Otak Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetis, dan Reflektif.
Diterjemahkan Dari : Teaching to the Brain’s Natural Learning Systems.
Penulis : Barbara K. Given
Penerjemah : Lala Herawati Dharma
Pengantar : dr. Taufiq Pasiak, M.Pd.I, M.Kes
(Penulis bestseller Brain Management for self Improvement
Penerbit : Penerbit Kaifa

Banyak buku yang membahas tentang otak. Pada umumnya buku-buku terebut membahas otak dalam kaitannya dengan meditasi dan refleksi. Tetapi buku yang satu ini, rada lain. Buku ini membahas bagaimana otak bekerja dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya otak kiri (kognitif) tetapi juga peranan otak kanan (intertaint/imajinasi).

Barbara K. Given sang penulis menguraikan bahwa adanya system pembelajaran alamiah otak yang melibatkan 5 komponen penting ketika otak belajar. 5 Komponen tersebut adalah:
1. Otak emosional yang dapat membangkitkan hasrat belajar.
2. Otak sosial yang berperan membangun visi untuk melihat apa yang mungkin.
3. Otak kognitif yang menumbuhkan niat untuk mengembangkan pengetahuan dan kecakapan.
4. Otak kinestetis/taktil yang mendorong tindakan untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan, dan
5. Otak reflektif, kemampuan berfikir tingkat tinggi yang akan membuahkan wisdom, yang membuat seorang pembelajar mampu dan mau bertafakur.
Selain itu buku ini juga menyajikan tips-tips jitu yang membuat kita jadi merenung dan introspeksi diri terhadap kinerja kerja kita selaku pendidik dihari-hari yang lalu. Sehingga terkadang introspeksi itu mengantarkan kita kepada suatu pemikiran betapa banyak kesalahan yang telah kita lakukan pada anak didik. (Terutama hal ini terjadi pada diri saya sendiri).
Tips-tips tersebut disajikan secara menarik seperti memo, sehingga membuat mata selalu ingin meneruskan bacaan dari halaman yang satu ke halaman berikutnya. Sekalipun buku ini terdiri dari 420 halaman.
Salah satu tips dari buku ini yang sangat berkesan bagi saya adalah:

Jika guru mengembangkan rencana pelajaran dan berinteraksi
Dengan siswa secara sadar – dan setiap hari – dengan memperhatikan
Sistem pembelajaran otak atau teater pikiran, maka sekolah
Bisa menjadi tempat yang didatangi siswa
Dengan penuh antusias.

Sepertinya saya masih perlu belajar 1000 tahun lagi untuk mengaplikasikan hal ini.

5 komentar:

  1. Seribu tahun ...? Bu guru memang berilmu padi, makin berisi makin menunduk sujud di hadapan kebesaran-Nya

    BalasHapus
  2. dimana bisa dapetin buku nya???suda saya cari2 keliling kota medan gak ketemu2 juga ne buku.mohon bantuanya.

    BalasHapus
  3. Saya dulu mendapatkan buku ini di Wali Songo Medan.
    Semoga info ini membantu
    Trims atas kunjungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wali songo medan dimana bu?
      saya penting banget bukunya.untuk skripsi ini.

      Hapus
    2. Di Jl Iskandar Muda, tepat persimpangan antara Iskandar Muda dan Gajah Mada

      Good Luck

      Hapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!