MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

4 Agustus 2009

Chain Card Game





Hari ini 4 Agustus 2009 saya menerima seorang mahasiswa IAIN Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris untuk melakukan research di sekolah saya. Namanya Khairul Ikhsan, tinggal di Pasar 3 Dondong Stabat, kira-kira 40-an km dari kota Pangkalan Brandan. Eh bener gak ya ? Gak pasti juga sih…habisnya gak pernah ngukur sendiri sih. He he he.

Ikhsan melakukan research untuk melengkapi data-data yang ia butuhkan dalam penyusunan skripsinya yang berjudul A COMPARATIVE STUDY OF USING CHAIN CARD AND NUMBER HEADS TOGETHER TECHNIQUES IN TEACHING SIMPLE SENTENCE. Anak muda ini cukup cerdas, ulet dan bukan ‘penggemar jalur aman’ seperti yang saya posting bulan lalu alias tidak gampang nyerah. Buktinya ia mau bersusah payah menyusun skripsi sendiri dengan menggunakan alat pengumpul data yang langsung observasinya masuk ke kelas mengajar siswa. Jarang-jarang lo ada yang mau begini. Beberapa mahasiswa research yang pernah saya layani, mereka hanya melakukan pengumpulan data melalui angket atau list wawancara. Bernyali juga neh anak muda.

Dari proses research-nya tersebut ada yang ingin saya share buat teman-teman. Sesuai dengan judul skripsinya, Ikhsan menggunakan Chain Card Game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat-kalimat sederhana berdasarkan pola Simple Sentence. Strategi Chain Card Game (Permainan Kartu Berantai) ini dikolaborasikan dengan Model Pembelajaran Cooperative Number Head Together (NHT).

Chain Card Game adalah sebuah terjemahaan bebas dari Permainan Kartu Berantai. Para pemain memainkan kartu ini layaknya seperti bermain kartu remi. Dalam permainan ini, pemain ditugaskan menyusun kartu-kartu yang dimiliki agar menjadi sebuah kalimat atau jika ingin lebih asyik bisa juga memainkan kartunya untuk meneruskan kalimat pemain lawan yang belum selesai, bisa di awal atau di akhir susunan kartu.

Permainan ini dapat dimainkan oleh empat pemain atau lebih, dengan jumlah kartu 60 lembar setiap setnya. Jumlah ini dapat saja ditambah atau dikurangi. Ya disesuaikanlah dengan kondisi yang ada termasuk kondisi kita sendiri sebagai guru untuk menyiapkan kartu-kartu tersebut. Di setiap kartu tertulis satu kosa kata dalam bahasa Inggris, yaitu sebuah penggalan-penggalan kalimat yang telah diatur sehingga jika kartu dimainkan dengan benar akan terbentuk suatu kalimat bahasa Inggris yang benar.

Selayaknya Kartu-kartu tersebut terbuat dari karton dengan ukuran 5 x 8 cm. Akan tetapi ukuran ini dapat saja disesuaikan dengan selera pembuat kartu.
Proses pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan strategi Chain Card Game ini banyak nilai positifnya. Salah satu yang paling penting ialah timbulnya suasana fun dalam proses pembelajaran. Namanya juga game…permainan…anak-anak pasti doyan. He he he…
Tapi seperti biasa….harus pinter-pinter me-manage kelas. Jika tidak ingin kelas jadi rame tidak terkendali seperti pasar.

Yap kepada teman-teman yang belum pernah mencoba Chain Card Game, coba deh. Ayo kita ramaikan suasana kelas dengan berbagai model pembelajaran cooperative dan strategi yang menyenangkan.

13 komentar:

  1. Alhamdulillah, masih ada ya, pemuda seperti Mas KHAIRUL IKHSAN. Andai kita memiliki lebih banyak orang sepertinya. Yah, daripada kita berandai-andai, mendingan kita sendiri berusaha menjadi dan berbuat yang terbaik ya Bu.
    Salam semangat Mam ...

    BalasHapus
  2. wah pasti ramai ni kelas, tapi tetap kreatif.
    hehe...
    salam kenal ya mbak...

    BalasHapus
  3. wah sebenarnya penelitian model kayak gitu sangat tidak mudah karena harus teliti dan biayanya bisanya tidak murah.

    BalasHapus
  4. Hanya orang-orang yang benar-benar menikmati profesinya sebagai guru yang mampu berbuat seperti itu. Kerja itu berat kalau kita memang terpaksa melakukannya.

    BalasHapus
  5. Alaah, lupa pulak awak ngasih salam ama Cik Gu ni. Komentar pulak awak tulis duluan, bukannya salam. Ma kasih Cik gU. Mantap kali blog Cik gu ni.

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum salam kenal bu sri, sy ruamisah mahasiswi Fak. Tarbiyah jur TBI. Blh sy minta nonya ikhsan? kebetulan skripsi sy sama dgnnya. tlg hub sy di no ini 085641016508. jazakumullah khoir

    BalasHapus
  7. Wa'alaikumussalam

    Slm knl jg. Smua request sdh d jwb by email. Smoga Attach dari Ibu bermanfaat untuk membantumu mencari referensi-nya. Good Luck...!

    Syukron sdh mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum mba,,,salam knal yaa bu,,,aq mhasiswa FKIP Bhsa Inggris,,,blh nggak sya mnta contoh thesisnya Ikhsan cz judul Thesis q sma ne ama punya dia,,,mkasih sblumnya yaa bu,,,alamat email q : Reitnerchors@yahoo.com

      Hapus
    2. TLong ya bu,,,,mkasih bu,,,,:)

      Hapus
    3. Maaf Nona Ra, Ibu tdk memiliki contohnya. Oya, itu bukan tesis tp skripsi

      Hapus
  8. slm knal bu,, saya ayu,, kebetulan skripsi saya juga sama dengan mas ikhsan,, saya anak fkip jur bhs inggris.. bleh saya minta nomorny ikhsan bu? ini alamat email saya,, ayoeprihartini@yahoo.com

    BalasHapus
  9. assalamualikum bu,,,
    bu apa saya bisa minta judul buku yang dijadikan referensi untuk menulis skripsi tsb?
    terima kasih

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!