MOHON MAAF, PELAWISELATAN DOT BLOG SPOT DOT COM SEDANG DALAM PROSES RENOVASI. HARAP MAKLUM UNTUK KETIDAKNYAMANAN TAMIPLAN. Semoga Content Sharing Is Fun Memberikan Kontribusi Positif Bagi Pengunjungnya. Semua Artikel, Makalah yang Ada Dalam Blog Ini Hanyalah Sebagai Referensi dan Copast tanpa menyebutkan Sumber-nya Adalah Salah Satu Bentuk Pelecehan Intelektual. Terimakasih Untuk Kunjungan Sahabat

24 Mei 2009

Number Head Together (Part 2)





Pada bulan April yang lalu saya pernah posting tentang Model Pembelajaran Kreatif dengan NHT (Number Head Together). Pada artikel tersebut saya mengakui bahwa saya belum melaksanakan model pembelajaran ini. Maka kali ini saya posting lanjutannya sebagai apresiasi setelah menggunakan Number Head Together dalam proses pembelajaran di kelas (seperti kata Nabi: Ibda’ binafsih…. Yap…mulai dari diri sendiri…).

Setelah saya melaksanakan metode ini, ingin saya menambahkan (dari postingan yang lalu) nilai tambahnya. Antara lain:

1. Kelas benar-benar hidup dan dinamis. Saya sarankan kepada teman-teman yang sering mengeluh siswanya sering bobok ketika kita mengajar di kelas, coba deh metode ini. Dijamin yang doyan bobok bakal bangun semua. He he he….

2. Setiap siswa mendapat kesempatan untuk berekspresi dan mengeluarkan pendapatnya. Tidak seorangpun bisa lolos dari giliran untuk menyelesaikan tugas yang telah ditentukan. La wong masing-masing punya nomor yang bakal dipanggil.

3. Munculnya jiwa kompetisi yang sehat. Yang lebih penting lagi semangat gotong royong dan saling berbagi yang positif akan menyertai selama proses pembelajaran berlangsung.

4. Waktu kita selaku tenaga pendidik untuk mengoreksi hasil kerja siswa, lebih efektif dan efisien. Apalagi bagu guru bahasa (baik Bahasa Indonesia atau bahasa asing), jika yang diuji kompetensi dengan life skill-nya menulis, akan lebih irit waktu jika anda menggunakan metode ini. Karena begitu pertunjukan usai, penilaian siswapun selesai sudah. Jadi anda tidak perlu keluar kelas sambil membawa setumpuk kertas tugas siswa. Nambah-nambahin kerjaan di rumah aja. He he he…

5. Siswa lebih relax dan gembira dalam belajar. Karena selalu ada kejadian yang tidak terduga, yang tentu saja sering mengundang tawa. Ha ha ha…

Lalu adakah dampak negatifnya ? Kalau menurut analisa saya setelah menggunakan NHT, dampak negative di siswa kok gak ada ya. Tapi kalau di guru ada sih. Energi terkuras bo’. Gimana ngga’, kebetulan kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah Pangkalan Brandan tempat saya tugas jumlah siswanya 40-an. Emang enak memanage kedinamisan siswa dengan usia transisi yang sedang ber-NHT-ria? Wuihh…. Tapek dech…!! He he he…. Dasar pemalas ya…

Selain itu, sering-sering lihat jam. Karena jika tidak control, kita bisa hanyut dengan kedinamisan siswa dan tanpa disadari bel usai pelajaran berbunyi, sedangkan pertunjukan belum usai. Kenapa? Ya itu tadi pasti ada saja ‘kejadian tidak terduga’ yang bisa mengundang….. ha ha ha….!!

Kesimpulannya, memang asyik menggunakan model pembelajaran kreatif dengan NHT. Kepada kawan yang telah ber-PTK dengan NHT silahkan share di kolom komentar, dan yang belum….ikutan yukk… Terus hasilnya ya ekspresikan aja di kolom komentar. Selamat Bertugas. Tetap Semangat…!!

5 komentar:

  1. Contoh dari metode ini ada ?,share ya....kalo diterapkan ke Mapel TKJ bisa ga ya ?

    BTW, thanks....link juga sdh sy pasang "Sharing Is Fun"

    BalasHapus
  2. Pd dsrnya NHT bs utk smua Mapel, termsk TKJ (Teknik Komp Jaringan). BTW tengkiu pencerahannya. He he he. Terutama utk materi yg bersft Pemahaman Konsep. Walopun TKJ adlh Mapel produktif, tentu msh py celah yg sftnya Pemahaman konsep kan? (Aih, jgn2 gw sok tau y? Heee). Nah pd celah tsb lah NHT bs kita mainkan. Langkah2nya lht posting bln Maret y! Skalian ngeralat redaksi artikel diats yg menyatakan bln April. He he he... Gimana bro? Aih, jgn2 brother 1 ne cm nguji aj. Tega ach... Hiks...

    BalasHapus
  3. Kalo saya sering bermasalah dgn waktu Mba Sri, ga cukup.. masih kurang jam terbang kali ya?

    BalasHapus
  4. Wah boleh juga neh buat saya coba di Mapel Matematika....
    BTW, makasih ya Bu Sri dah nge-link-in blog saya.
    Blog Ibu juga dah saya link.
    Thanks and semangat untuk terus berbagi.

    ZAINUDIN IDRIS
    http://zaynet.wordpress.com
    http://zayweb.com

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Komentar 'Yes' but Spam...oh...'No'...!